Kurikulum

Mengacu standar kompetensi yang ditetapkan Depdikbud dan menjadikan alam sebagai media belajar dalam rangka pembentukan logika berfikir dan karakter anak.

Kurikulum ini diintregasikan dengan pengalaman yang distrukturkan,sehingga apa yang didapat siswa di alam dikembangkan dengan metode tematik (Spider Web) dan  Project Based Learning (PBL).

Ruang lingkup kurikulum Sekolah Alam Bintaro meliputi:

A. Akhlak

Melalui metode  keteladan dalam pengembangan EQ (EmotionalQuotient) dan SQ (Spiritual Quotient) seperti :  keimanan, ibadah, Al-Quran, sikap hidup, dan integrasi dengan alam.

B. Logika

Disusun secara holistik melalui pembelajaran tematik (Spider Web) dan  Project Based Learning (PBL) sehingga logika ilmiah siswa berkembang secara integral. Anak mampu atau terbiasa mengamati fenomena alam, mencatat data, melakukan eksperimen, dan membentuk sebuah teori (discoovery. Selain itu, sekolah Alam Bintaro juga mengembangkan kemampuan anak dalam hal bahasa,daya pikir,daya kreasi,dan seni.

C.Leadership

Kegiatan utama berupa Outbond Mental Education untuk membentuk karakter kemandirian dengan kewirausahaan dan  kepemimpinan anak didik dengan mengembangkan nilai-nilai adil, amanah, musyawarah, kerjasama, melindungi, mengayomi, membela kaum tertindas dan menjaga keseimbangan alam semesta.

D.Bisnis

Kegiatan utama berupa aktivitas bisnis yang diperoleh dari proses belajar siswa di sekolah sehingga mampu menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini.

Sekolah Inklusi

Sekolah Alam Bintaro merupakan salah satu sekolah inklusi, dimana anak spesial dengan gangguang perkembangan atau gangguan emosi ditempatkan bersama anak normal lainnya, dengan pendampingan guru yang berkompeten disertai program individu masing-masing anak.

Pusat pengembangan inklusi

Kegiatan-kegiatan yang mengembangkan kompetensi baca, tulis, hitung, serta sosialisasi dan kemandirian anak berkebutuhan khusus, seperti:

1)Terapi edukasi (remedial)

2)Terapi perilaku (okupasi)

3)Terapi sensorik & gerak (sensorik integrasi)

4)Sosialisasi/inklusi bersama siswa reguler